KISI-KISI SOAL UUB BAHASA INDONESIA
|
Nama Sekolah
|
:
|
|
||
|
Mata Pelajaran
|
:
|
Bahasa Indonesia
|
||
|
Acuan
|
:
|
Standar Isi dan Kurikulum
2006/KTSP
|
||
|
Alokasi Waktu
|
:
|
120 menit
|
||
|
Jumlah Soal
|
:
|
50 butir
|
||
|
Bentuk Soal
|
:
|
Pilihan Ganda
|
||
|
Bahan Kelas
|
:
|
XI
|
||
|
Standar Kompetensi : Berkomunikasi menggunakan bahasa
Indonesia setara tingkat madya
|
|
|||
|
N0.
|
KOMPETENSI
DASAR
|
MATERI
|
INDIKATOR
|
N0. SOAL
|
|
1.
|
Membaca berbagai informasi tertulis
dalam konteks bermasyarakat dan Berbagai bentuk teks
|
Paragraf
|
1.
Disajikan paragraf, siswa dapat menentukan
gagasan pokok
pada paragraf tersebut.
|
1.
|
|
2.
Disajikan paragraf, siswa dapat menentukan simpulan tersebut
|
2.
|
|||
|
3.
Disajikan istilah
dalam paragraf, siswa dapat menentukan makna istilah dalam paragraf tersebut dengan
benar.
4.
Disajikan paragaraf yang rumpang, siswa dapat
menentukan istilah yang tepat.
|
3.
4.
|
|||
|
5.
Disajikan paragraf yang rumpang, siswa dapat
melengkapi bagian paragraf yang
dirumpangkan dengan kalimat penjelas yang tepat.
|
5.
|
|||
|
6.
Disajikan paragraf, siswa dapat menentukan
pernyataan yang sesuai dengan isi paragraf.
|
6.
|
|||
|
2.
|
Membaca untuk memahami makna
kata, bentuk kata, ungkapan, dan kalimat dalam konteks bekerja.
|
Majas
|
7.
Disajikan sebuah
penggalan puisi, siswa dapat menentukan majas dalam penggalan puisi tersebut dengan
tepat.
|
7.
|
|
Ungkapan
|
8.
Disajikan kalimat
yang menggunakan sebuah ungkapan, siswa dapat menentukan makna ungkapan tersebut
dengan tepat.
9.
Disajikan kalimat rumpang, siswa dapat melengkapi
dengan ungkapan yang tepat.
|
8
.
9.
|
||
|
Peribahasa
|
10. Disajikan kalimat yang menggunakan peribahasa, siswa
dapat menentukan makna peribahasa dalam kalimat tersebut dengan tepat.
11. Disajikan ilustrasi,
siswa dapat menentukan peribahasa yang sesuai dengan ilustrasi tersebut.
|
10.
11.
|
||
|
3.
|
Membaca informasi nonverbal
|
Matrik
|
12. Disajikan matrik,
siswa dapat menentukan pernyataan yang sesuai dengan isi matrik tersebut
dengan tepat.
|
12.
|
|
Grafik
|
13. Disajikan grafik, siswa dapat menentukan pernyataan
yang sesuai dengan grafik tersebut.
|
13.
|
||
|
4.
|
Menggunakan secara lisan kalimat
tanya/pertanyaan dalam knteks bekerja
|
Kalimat tanya
|
14. Siswa dapat menentukan kalimat tanya retoris yang tepat.
|
14.
|
|
15. Siswa dapat menentukan kalimat tanya klarifikasi yang tepat.
|
15.
|
|||
|
16. Disajikan sebuah paragraf, siswa dapat menentukan kalimat tanya yang jawabannya terdapat
dalam paragraf tersebut.
|
16.
|
|||
|
5.
|
Diskusi yang bermakna dalam
konteks bekerja
|
Diskusi
|
17. Siswa dapat menentukan kalimat sanggahan yang santun
dengan tepat.
|
17.
|
|
18. Siswa dapat menentukan kalimat simpulan dengan tepat.
|
18.
|
|||
|
19. Disajikan suatu pendapat, siswa dapat menanggapi pendapat
secara santun
|
19.
|
|||
|
6.
|
Bernegosiasi yang menghasilkan dalam kontes bekerja
|
Negosiasi
|
20. Disajikan beberapa
kalimat, siswa dapat menentukan langkah–langkah bernegosiasi dengan tepat .
|
20.
|
|
21. Siswa dapat menentukan kalimat yang berisi hasil negosiasi dengan
tepat.
|
21.
|
|||
|
22. Siswa dapat menentukan kalimat negosiasi kepada pembeli
yang banyak bicara dengan tepat
|
22.
|
|||
|
7.
|
Menyampaikan laporan atau presentasi
lisan dalam konteks bekerja
|
Laporan
|
23. Disajikan sistematika laporan secara acak, siswa dapat menentukan sistematika laporan dengan tepat.
|
23.
|
|
24. Disajikan penggalan laporan, siswa dapat menentukan jenis
laporan dengan tepat.
|
24.
|
|||
|
25. Siswa dapat menentukan kalimat laporan dengan tepat.
|
25.
|
|||
|
8.
|
Membaca berbagai informasi tertulis
dalam konteks bermasyarakat dan berbagai bentuk teks
|
Sastra
|
26. Disajikan sebuah puisi, siswa dapat menentukan tema puisi
tersebut.
|
26.
|
|
27. Disajikan penggalan cerpen, siswa dapat menentukan latar
tempat.
|
27.
|
|||
|
28. Disajikan penggalan cerpen, siswa dapat menentukan unsur ekstrinsik.
|
28.
|
|||
|
9.
|
Menulis wacana yang bercorak naratif, deskriptif, ekspositoris, dan
argumentatif
|
Jenis paragraf
|
29. Disediakan sebuah paragraf, siswa dapat menentukan jenis
paragraf berdasarkan letak kalimat utamanya
|
29.
|
|
Jenis karangan
|
30. Disajikan sebuah paragraf, siswa dapat menentukan jenis
karangan berdasarkan
paragraf tersebut.
|
30.
|
||
|
Kalimat efektif
|
31. Disajikan sebuah paragraf, siswa dapat menentukan kalimat
tidak efektif yang terdapat padaparagraf tersebut.
|
31.
|
||
|
Sinonim / antonim
|
32. Disajikan sebuah paragraf, siswa dapat menentukan kalimat
yang memiliki kata-kata yang bersinonim.
33. Disajikan sebuah paragraf, siswa dapat menentukan kalimat
yang memiliki kata-kata yang berantonim.
|
32.
33.
|
||
|
Denotasi / konotasi
|
34. Disajikan sebuah paragraf, siswa dapat menentukan kalimat
yang memiliki kata-kata yang bermakna denotasi
35. Disajikan sebuah paragraf, siswa dapat menentukan kalimat
yang memiliki kata-kata yang bermakna konotasi.
|
34.
35.
|
||
|
Fakta / opini
|
36. Disajikan sebuah paragraf, siswa dapat menentukan kalimat
yang mengandung fakta.
37. Disajikan sebuah paragraf, siswa dapat menentukan kalimat
yang mengandung opini.
|
36.
37.
|
||
|
Paragraf rumpang
|
38. Disajikan sebuah paragraf rumpang, siswa dapat melengkapi
paragraf tersebut dengan kalimat yang sesuai.
|
38.
|
||
|
Kalimat sumbang
|
39. Disajikan sebuah paragraf, siswa dapat menentukan kalimat
yang sumbang.
|
39.
|
||
|
Kerangka karangan
|
40. Disajikan kerangka karangan acak, siswa dapat menyusunnya
menjadi kerangka karangan yang baik.
|
40.
|
||
|
Petunjuk penggunaan
|
41. Disajikan petunjuk penggunaan barang, siswa dapat menentukan
pernyataan yang isinya sesuai dengan petunjuk tersebut.
|
41.
|
||
|
10.
|
Meringkas teks tertulis dalam
konteks bekerja
|
Kalimat perbadingan
|
42. Disajikan sebuah paragraf, siswa dapat menentukan kalimat
yang mengandung perbandingan
|
42.
|
|
11
|
Menyimpulkan isi teks tertulis dalam
konteks bekerja
|
Simpulan
|
43. Disajikan sebuah paragraf, siswa dapat menentukan simpulannya.
|
43.
|
|
Kata baku
|
44. Disajikan sebuah paragraf, siswa dapat menentukan
kata yang baku berdasarkan paragraf tersebut.
45. Disajikan sebuah paragraf, siswa dapat menentukan kata
yang tidak baku berdasarkan paragraf tersebut.
|
44.
45.
|
||
|
Surat
|
46. Disajikan sebuah surat keluarga, siswa dapat menentukan
isi surat tersebut.
47. Disajikan sebuah surat,
siswa dapat menentukan kalimat penutup surat.
|
46.
47.
|
||
|
Memo
|
48. Disajikan sebuah memo,
siswa dapat menentukan isi memo
|
48.
|
||
|
|
49. Disajikan sebuah
ilustrasi, siswa dapat menentukan kalimat memo yang tepat.
|
49.
|
||
|
Pengumuman
|
50. Disajikan sebuah
ilustrasi, siswa dapat menentukan kalimat pengumuman yang tepat.
|
50.
|
No comments:
Post a Comment